Minggu, 06 Januari 2013

Nendroid

Nendoroid adalah mainan yang sedang populer saat ini. Ciri-cirinya adalah memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibadingkan ukuran tubuhnya dan memiliki tinggi kurang lebih 10 cm. Hal tersebut memberikan kesan chibi (pendek) dan moe (imut) pada mainan asal Jepang itu. Terdapat banyak ekpresi pada setiap Nendoroid seperti diam, senyum, tertawa, malu dan lainnya.


Biasanya Nendoroid mengadopsi karakter dari anime yang sedang populer, namun ada juga Nendoroid yang mengadopsi karakter yang bukan dari anime seperti band Linkin Park dan karakter dari komik asal AS Ironman.

Hampir semua bagian tubuh pada Nendoroid bisa dibongkar pasang dan dikombinasikan dengan Nendoroid lain. Inilah yang menjadi kelebihan dari mainan yang dibuat oleh perusahaan mainan asal negara Jepang yaitu Good Smile Company (GSC). Bahkan Nendoroid memiliki potensi sebagai objek fotografi yang sangat bagus.


GSC adalah perusahaan pembuat produk hobi seperti scaled figure, Nendoroid dan figma. Produk-produk GSC biasanya berdasarkan anime atau manga yang sedang populer di Jepang. Selain produk hobi, GSC juga mengembangkan produk seperti voice synthesizer software Vocaloid dan serial dojin soft danmaku /bullet hell game yang lebih dikenal dengan nama Touhou Project.

Bagi orang awam, harga yang harus dibayar untuk memiliki mainan ini termasuk besar yaitu diatas USD 30 (tergantung jenis dan kelangkaan) karena mereka hanya melihat dari bentuk Nendoroid yang sangat kecil. Tetapi bagi para pecinta hobi mainan dan anime, harga tersebut sepadan dengan detail, kualitas dan kepuasan ketika memiliki Nendoroid.


Namun, anda harus berhati-hati ketika membeli mainan ini. Ada dua model Nendoroid yang ada di pasaran yaitu yang orisinil dengan yang imitasi. 

perbedaan antara Nendoroid orisinil dengan yang imitasi. Perbedaan mencolok bisa dilihat dari harganya karena yang imitasi selalu lebih mudah dibandingkan yang orisinil. Namun, ada saja pejual nakal yang mengatakan Nendoroid yang dijual adalah orisinil tetapi sebenarnya imitasi. Itulah yang dikhawatirkan. Untuk mencegah hal tersebut,perbedaan antara Nendoroid orisinil dan imitasi, yaitu:

1. Detail
Penampilan Nendoroid yang orisinil lebih rapih dibandingkan yang imitasi. Garis-garis dan warna yang tidak keluar batas menandakan bahwa Nendoroid itu orisinil tetapi yang warnanya agak keluar batas dan tidak rapih maka itulah yang imitasi.


Imitasi (kiri) sedangkan orisinil (kanan)

2. Kualitas Bahan
Ketika Nendoroid orisinil dipegang, rasanya akan lebih kesat sedangkan yang imitasi terasa berleming (licin seperti plastik). Dilihat dari sendi-sendi mainan asal Jepang ini pun, yang orisinil lebih mudah untuk digerakkan dan tidak mudah lepas.

Imitasi (kiri) sedangkan orisinil (kanan)

3. Pewarnaan
Warna dari Nendoroid orisinil tidak berkilau ketika terkena cahaya atau blitz kamera dan terlihat halus (soft), sedangkan bahan dari Nendoroid imitasi akan memantulkan cahaya. Kualitas warna dari Nendoroid orisinil sangat terjaga sehingga mudah membedakan mana yang orisinil dengan yang imitasi. Selain itu, Nendoroid imitasi memiliki warna yang lebih pudar.

Imitasi (kiri) sedangkan orisinil (kanan)

4. Pengemasan
Rapih atau tidaknya kemasan ditentukan oleh bagaimana seseorang memperlakukannya. Namun, kemasan Nendroid orisinil tidak mudah rusak dan terdapat segel (sebuah stiker tanda orisinalitas) pada tutup atau di depan kotaknya. Selain itu, plastik yang menyelimuti kemasan pun sangat pas sehingga terlihat rapih, sedangkan kemasan Nendoroid imitasi lebih kusam.

Imitasi (kiri) sedangkan orisinil (kanan)

Sekarang sudah tahu kan cara membedakan Nendoroid yang orisinil dengan yang imitasi. Saran dari kru, jika ingin membeli Nendoroid, pastikan penjualnya terpercaya terlebih dahulu. Teliti sebelum membeli tidak ada salahnya kok. Jangan terpengaruh oleh harga karena harga belum tentu menentukan orisinalitas suatu barang.





sumber : http://www.kotakgame.com/feature/detail/189/Nendoroid-dan-Komunitas-Nendonesia/1/0/1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar